Sering Mengalami Globus Sensation di Tenggorokan? Ini Penyebabnya

Pernahkah Anda mengalami globus sensation atau perasaan ada yang mengganjal di tenggorokan? Ketika merasakannya, seseorang akan mengira bahwa ada benda asing yang bersarang di tenggorokannya. Pada dasarnya perasaan mengganjal tersebut adalah berupa sensasi saja. Meskipun begitu, ketika Anda mengalami kondisi ini, apalagi terasa sakit parah, jangan dibiarkan karena bisa jadi kondisi tersebut merupakan tanda adanya masalah serius di tubuh Anda.

globus sensation

Penyebab globus sensation di tenggorokan

Sensasi globus ini seringkali menggangu. Bahkan untuk kondisi yang parah, penderitanya sering mengalami kesulitan menelan. Siapa saja bisa mengalami kondisi sensasi globus atau terasa ada benda asing di tenggorokan karena merupakan kondisi medis umum. Lalu, apa penyebab dari globus sensation ini?

  1. Otot tegang

Seperti yang diketahui, otot bisa mengalami penegangan. Begitu pun dengan otot yang terdapat di tenggorokan. Biasanya, ketika Anda sedang berbicara atau menelan sesuatu, maka otot tenggorokan akan mengalami pengenduran agar lebih rileks. Namun, ketika otot tenggorokan tidak bisa melakukan pengenduran dengan baik, bisa memicu otot tegang. Ketegangan pada otot inilah yang bisa memicu globus sensation di tenggorokan Anda. 

Pada kondisi lainnya, masalah sensasi globus pun bisa muncul ketika otot kehilangan koordinasi. Ketika otot tidak bisa berkontraksi atau mengendur dengan baik dan sinkron, bisa memicu masalah globus sensasi ini.

  1. Stress atau kecemasan

Selain otot tenggorokan yang menegang, gangguan mental atau psikologis juga bisa menimbulkan perasaan mengganjal di tenggorokan. Beberapa gangguan mental ini seperti kecemasan berlebih hingga stress. Beberapa penelitian atau studi pun sudah menunjukan bahwa beberapa gangguan tersebut bisa memicu sensasi globus. Apalagi ketika seseorang pernah mengalami peristiwa yang menyebabkan trauma, maka tenggorokannya akan terasa ditempati oleh benda asing.

  1. Penyakit tertentu

Jika Anda mengalami perasaan atau sensasi mengganjal di tenggorokan, perlu berhati-hati. Untuk kondisi tertentu, sensasi globus bisa terjadi karena dipicu oleh penyakit tertentu yang bisa jadi sangat serius. Ada beberapa penyakit yang bisa membuat penderitanya merasakan ada yang mengganjal di tenggorokan. Beberapa penyakit tersebut adalah seperti gangguan tiroid. Bahkan kondisi paling parah, penderita harus melakukan pengangkatan tiroid untuk mengatasi sensasi globus yang mengganggu. Selain masalah tiroid, tumor tenggorokan seperti kanker orofaring metastasis juga bisa menimbulkan gejala sensasi globus. 

  1. Postnasal Drip

Penyebab lain dari kemunculan sensasi mengganjal di teggorokan adalah postnasal drip. Merupakan sebuah kondisi ketika terdapat lendir berlebih yang terperangkap di tenggorokan seseorang. Misalnya ketika Anda mengalami flu, kadangkala akan terasa adanya lendir yang menempel di tenggorokan. Kasus terparahnya yakni disebabkan karena penyakit sinus. Untuk menghilangkan sensasi globus, kebanyakan orang akan berdehem atau berusaha mengeluarkan dahak berupa lendir tersebut.

Cara mengatasi globus sensation

Dari segi penyebabnya, tentu sensasi globus bisa dikatakan sebagai tanda adanya masalah pada tubuh. Meskipun memang, sensasi mengganjal ini bisa juga disebabkan karena memang ada benda asing seperti sisa makanan yang terperangkap dalam tenggorokan. Bagi kondisi medis umum yang tidak parah, maka biasanya sensasi tersebut akan hilang dengan sendirinya. Baik ketika berdehem atau dengan rutin minum air putih.

Akan tetapi, jika kondisi globus sensation ini terjadi karena penyebab lain, maka harus diatasi sesuai dengan penyebabnya. Misalnya ketika karena tegang otot, maka melakukan terapi otot bisa mengatasi masalah ketegangan tersebut. Begitu pun jika penyebabnya karena penyakit tertentu, Anda harus mengkonsultasikannya langsung dengan dokter yang tepat dan sesuai. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *