Seberapa Banyak Jumlah Kalori Nasi Putih?

  • January 29, 2020

Nasi putih merupakan sumber utama karbohidrat yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Bahkan beberapa orang merasa ada yang kurang jika tidak memasukkan nasi putih di dalam menu utamanya. Bahkan, tidak jarang adanya mengkombinasikan nasi putih dengan mi instan. Padahal, kalori nasi putih saja perlu Anda pertimbangkan.

Perbandingan jumlah kalori nasi putih dan mi instan

Faktanya dalam satu mangkok nasi putih yang kita konsumsi, terkandung sekitar 204 kalori. Angka tersebut sudah memenuhi 10% kebutuhan angka kecukupan kalori harian. Jika Anda mengonsumsi 3 mangkok nasi setiap harinya, maka dari nasi putih saja Anda telah memasukan sebesar 600 kalori dan belum lagi ditambah dengan menu-menu lauk lain.

Sedangkan kalori dari mi instan yang dijual dengan harga yang terjangkau dan memiliki rasa yang lezat ini memiliki kalori sebesar 370 dalam satu porsinya atau sekitar 70 gram. Dengan berat yang sama, nasi putih hanya mengandung 91 kalori. Jadi, Anda perlu berpikir ulang untuk mengkombinasikan nasi putih dengan mi instan sekaligus. Mi instan juga bukan pengganti karbohidrat harian yang sehat.

Rekomendasi makanan pengganti nasi putih

Tingginya kalori nasi putih membuat beberapa makanan rendah kalori pengganti nasi putih semakin populer. Ada beberapa makanan pengganti nasi putih yang sedang naik daun seperti nasi shirataki, quinoa, dan juga oats yang rendah kalori bahkan tidak memiliki kalori sama sekali. Dari makanan pengganti nasi tersebut, salah satu yang menarik untuk dibahas adalah nasi shirataki yang tidak memiliki kalori.

Nasi shirataki adalah beras yang terbuat dari sayuran dan umbi. Bentuk beras shirataki ini menyerupai nasi putih, hanya saja ukurannya lebih pipih dan warnanya cenderung transparan tidak sepekat nasi putih. Selain itu, tidak ada perbedaaan rasa yang begitu berbeda antara nasi putih beras shirataki dan beras biasa.

Nasi shirataki juga memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dengan kalori yang lebih rendah. Perlu Anda ingat, kesehatan tidak ditentukan dari makanan saja dan tidak ada salahnya jika Anda terus mengonsumsi nasi putih yang diimbangi oleh sayuran dan lauk pauk yang sehat.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*