Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Konsumsi Allopurinol

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Konsumsi Allopurinol

Allopurinol adalah obat yang digunakan untuk mencegah atau menurunkan kadar asam urat tinggi dalam darah. Obat ini juga digunakan untuk mencegah atau menurunkan kadar asam urat berlebih yang disebabkan oleh obat-obatan kanker atau pada pasien dengan batu ginjal.  

Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan gout atau gout arthritis (nyeri sendi dan pembengkakan). Allopurinol adalah inhibitor xantin oksidase yang bekerja dengan cara menurunkan asam urat yang diproduksi oleh tubuh.

Allopurinol dapat menghentikan serangan asam urat dan membantu mencegah kerusakan pada persendian Anda.

Tubuh Anda secara alami menghasilkan zat yang disebut urat. Zat ini biasanya larut dalam darah Anda sampai keluar dari tubuh melalui urin Anda. Ketika terlalu banyak urat yang diproduksi, atau jika tubuh Anda tidak dapat membuangnya dengan benar, kristal dapat terbentuk di dalam dan sekitar persendian Anda. Sehingga hal ini menyebabkan rasa sakit dan peradangan.

Allopurinol memblokir enzim yang terlibat dalam memproduksi urat. Obat ini membantu kristal untuk larut dan menghentikan serangan asam urat. Selain itu dapat menurunkan kadar urat dalam darah Anda selama beberapa minggu, sehingga akan menghentikan pembentukan kristal baru.

Diperlukan waktu lebih lama untuk melarutkan kristal yang sudah ada di sana, dan Anda mungkin mengalami lebih banyak serangan asam urat selama waktu ini. Kondisi ini lebih mungkin terjadi jika kadar urat Anda sangat tinggi atau Anda sudah lama menderita asam urat. Jika ini terjadi pada Anda, bukan berarti bahwa allopurinol Anda tidak berfungsi.

Serangan asam urat biasanya berhenti dalam setahun, selama kadar urat Anda sudah cukup turun. Dokter Anda biasanya akan berhati-hati dalam meresepkan allopurinol jika Anda memiliki masalah ginjal, tiroid, atau hati.

Anda biasanya akan ditawarkan allopurinol untuk asam urat jika tes darah menunjukkan bahwa kadar urat Anda tinggi dan satu atau lebih hal berikut berlaku:

  • Anda terus mengalami serangan asam urat
  • Sendi atau ginjal Anda telah rusak akibat serangan asam urat
  • Kulit Anda telah dipengaruhi oleh timbunan kristal urat

Allopurinol diminum sebagai tablet sekali sehari. Biasanya lebih baik meminumnya setelah makan. Tablet harus ditelan dengan air, sehingga penting bagi Anda untuk minum banyak air sepanjang hari.

Dokter Anda akan memberitahu tahu Anda tentang dosis yang benar. Dosis Anda akan bervariasi, tergantung pada kadar urat yang ditunjukkan dalam tes darah Anda. Anda mungkin memerlukan dosis yang lebih rendah jika Anda menderita penyakit ginjal atau hati.

Diperlukan waktu dua hingga tiga bulan untuk menurunkan kadar urat ke tingkat yang sesuai. Anda kemudian akan menjalani pemeriksaan setiap beberapa bulan untuk memastikan urat tidak meningkat. Anda mungkin bisa mengubah gaya hidup yang dapat mengurangi risiko terkena asam urat, atau kambuhnya asam urat. Hal inii termasuk:

  • Tidak makan terlalu banyak protein
  • Menghindari makanan yang tinggi purin, seperti makanan laut, ginjal dan hati
  • Menghindari makanan yang tinggi ekstrak ragi
  • Tidak minum minuman manis
  • Mengurangi jumlah alkohol yang Anda konsumsi
  • Mencoba menurunkan berat badan, jika Anda kelebihan berat badan
  • Minum air yang cukup, usahakan minum hingga dua liter sehari.

Kebanyakan orang yang memakai allopurinol tidak mengalami efek samping. Tetapi jika Anda memiliki efek samping, seperti:

  1. Ruam kulit
  2. Sakit kepala
  3. Merasa mengantuk atau pusing
  4. Merasa atau sakit
  5. Berubah indera perasa Anda

Anda disarankan untuk berhenti mengkonsumsi allopurinol dan segera berkonsultasi dengan dokter Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *