Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu

Bau ketiak dapat terjadi akibat perpaduan antara keringat dengan bakteri di bagian ketiak. Keringat pada bagian ketiak mengandung lebih banyak protein dan kemak sehingga menyebabkan bau tidak sedap dan menyengat saat bercampur dengan bakteri. Saat mengalami bau ketiak, tentu Anda akan merasa kurang percaya diri. Selain itu, bau keringat juga dapat mengganggu lingkungan sekitar dan menyebabkan Anda menjadi kesulitan bergaul. Untuk itu, perlu diketahui cara ampuh menghilangkan bau ketiak. Selain itu, pahami penyebab bau ketiak yang Anda alami sehingga penanganan yang dilakukan pun tepat. 

Penyebab bau ketiak

Secara umum bau ketiak disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Akan tetapi, faktor tertentu membuat seseorang lebih berisiko mengalami bau ketiak dan bau badan. Bebeberapa faktor yang menyebabkan seseorang lebih berisiko mengalami bau ketiak yaitu: 

  1. Makanan yang dikonsumsi 

Bau ketiak dan badan berhubungan dengan makanan yang Anda konsumsi. Beberapa zat makanan tersebut dapat menimbulkan keringat yang dihasilkan berbau tidak sedap. Kandungan sulfur dan sulfida pada brokoli, kubis, brussels, dan sayuran keluarga cruciferous perlu dihindari agar keringat tidak bau. Selain itu, bawang juga dapat membuat keringat Anda menjadi berbau tidak sedap, lho!

  1. Infeksi 

Saat Anda mencukur bulu ketiak dan kurang berhati-hati, maka hal tersebut dapat membuat luka goresan. Luka di kulit ketiak mungkin saja menimbulkan infeksi. Saat kulit mengalami infeksi maka keringat yang dihasilkan akan berurea sehingga bau tidak sedap akan muncul. 

  1. Penyakit tertentu

Keringat yang berlebih bisa menjadi penanda adanya penyakit seperti diabetes, gagal ginjal, kadar gula rendah, liver, dan disfungsi metabolisme. Orang yang memiliki penyakit tersebut cenderung mengeluarkan keringat lebih banyak sehingga berpotensi untuk mengalami bau badan dan bau ketiak yang lebih parah. 

  1. Konsumsi obat-obatan 

Mengonsumsi obat tertentu dalam dosis tinggi juga dapat menyebabkan produksi keringat bertambah. Keringat berlebih pada ketiak yang bercampur dengan bakteri akan menyebabkan bau ketiak. Beberapa jenis obat tersebut di antaranya adalah aspirin, antidepresan, dan antipsikotik. 

Cara ampuh menghilangkan bau ketiak 

Jangan tunda mengatasi bau ketiak agar aktivitas kembali berjalan lancar tanpa terganggu. Berikut ini merupakan beberapa cara ampuh menghilangkan bau ketiak yang wajib Anda coba. 

  1. Menjaga kebersihan tubuh

Menjaga kebersihan tubuh menjadi cara ampuh menghilangkan bau ketiak yang utama. Pastikan Anda mandi minimal 2 kali sehari menggunakan sabun antibakteri. 

  1. Menjaga pola makan

Cara ampuh menghilangkan bau ketiak lainnya adalah menjaga pola makan. Batasi konsumsi makanan pedas, beraroma tajam, daging, serta alkohol. Dengan begitu, Anda dapat menghindari munculnya bau keringat akibat makanan yang dikonsumsi. 

  1. Memilih pakaian yang tepat

Saat cuaca panas, Anda akan cenderung lebih mudah berkeringat. Untuk mengurangi hal tersebut, pastikan Anda memilih pakaian yang tepat. Pilih pakaian dengan bahan nyaman dan mudah menyerap keringat. 

  1. Gunakan deodoran

Menggunakan deodoran merupakan salah satu cara ampuh menghilangkan bau ketiak yang sudah diketahui banyak orang. Meski deodoran tidak dapat membasmi bau ketiak secara permanen, namun hal tersebut cukup membantu sebab membuat ketiak berbau segar dan wangi.  

  1. Mencukur bulu ketiak secara berkala 

Mencukur bulu ketiak secara berkala juga sebaiknya dilakukan. Mengapa demikian? Bulu ketiak yang tumbuh subur akan menahan penguapan keringat sehingga ketiak menjadi lembab dan bakteri berkembang biak dengan cepat. Hal itu membuat ketiak menjadi lebih bau. 

Apabila bau ketiak yang dialami terus berlangsung dan mengganggu bahkan seteah menerapkan cara ampuh menghilangkan bau ketiak di atas, maka baiknya Anda menemui dokter. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan penyebab bau ketiak yang Anda alami. Jika Anda masih ingin berkonsultasi lebih lanjut tentang masalah bau ketiak, tanyakan langsung pada dokter secara gratis melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasi SehatQ sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *