Penyakit Pada Kuku Bisa Menandakan Penyakit Lain

  • April 17, 2020

Penyakit pada kuku dan perubahan warna kuku bisa jadi merupakan tanda adanya penyakit lain. Warna normal kuku pada umumnya adalah merah muda dengan adanya bentuk bulan separuh berwarna putih pada pangkal kuku. Namun, kondisi ini dapat berubah jika Anda menderita beberapa penyakit tertentu. Oleh karena itu, dengan memperhatikan kondisi kuku Anda dapat membuat Anda menjadi lebih peka terhadap perubahan yang terjadi pada diri Anda.

Dokter spesialis kulit di Amerika memberikan daftar perubahan warna pada kuku disertai dengan kondisi penyakit pada kuku yang mungkin menandakan kondisi medis tertentu pada seseorang.

  1. Kuku kebiruan

Kondisi kuku yang kebiruan biasanya menandakan kurangnya oksigen pada aliran darah Anda. Penyakit jantung, paru, dan pembuluh darah dapat menyebabkan kondisi ini.

  • Kuku putih

Kuku putih pucat bisa menandakan adanya gangguan pada hati atau penyakit kencing manis (diabete) pada diri Anda. Biasanya, pada gangguan hati, tepi kuku berwarna gelap dan warna kulit menjadi kekuningan.

  • Kuku pucat

Warna kuku yang cenderung pucat seringkali menandakan kondisi anemia, di mana terjadi kekurangan sel darah merah pada diri Anda. Kondisi malnutrisi, gangguan jantung, dan hati juga bisa membuat kuku pucat.

  • Kuku separuh merah muda, separuh putih

Warna kuku yang seperti ini dapat menandakan Anda memiliki gangguan ginjal.

  • Kuku kuning

Kuku yang warnanya kuning biasanya menandakan adanya infeksi di daerah kuku Anda. Selain itu, penyakit pada paru juga bisa menyebabkan perubahan warna inin .

  • Bagian bulan separuh yang kemerahan

Pada kondisi seperti penyakit lupus, jantung, kebotakan, dan peradangan sendi dapat membuat perubahan warna pada bagian bulan separuh di kuku menjadi warnanya kemerahan.

  • Bagian bulan separuh kebiruan

Pada bagian bulan separuh yang kebiruan biasanya menandakan seseorang sedang mengalami keracunan.

Tentunya perubahan warna atau penyakit pada kuku Anda tidak selalu menandakan adanya kondisi medis tertentu. Namun, tidak ada salahnya Anda selalu memperhatikan keadaan kuku setiap hari. perubahan warna pada kuku ternyata dapat menandakan adanya perubahan pada tubuh Anda.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*