Mengulik Beragam Manfaat dari Minyak Zaitun untuk Kesehatan

  • March 28, 2020

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan minyak zaitun yang umumnya digunakan sebagai bahan pelengkap salad. Minyak zaitun juga sering digunakan sebagai bahan masakan, seperti pengganti untuk minyak sayuran, mentega, maupun margarin. Dua hal tersebut hanyalah contoh kecil dari segelintir manfaat minyak zaitun. Seperti apakah manfaat minyak zaitun untuk kesehatan?

Beragam manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang tidak boleh dilewati

Di bawah ini terdapat beragam manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan:

  1. Minyak zaitun dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung, karena dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah penggumpalan darah, serta menjaga dinding pembuluh darah.
  2. Mampu membantu dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan stroke. Dalam program diet Mediterania yang mengandung minyak zaitun, hal ini telah berhasil terbukti. Namun, masih membutuhkan studi lebih lanjut, apakah disebabkan oleh kandungan minyak zaitun atau bahan makanan lain, yang berhasil menurunkan angka kasus dua penyakit tersebut.
  3. Dipercaya mampu menurunkan risiko depresi. Hal ini telah terbukti dari studi yang membandingkan tingkat risiko depresi, antara orang yang mengonsumsi lemak trans dengan minyak zaitun. Hasilnya menegaskan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko depresi hingga 48% lebih rendah.
  4. Dapat meredakan peradangan pada radang sendi atau rheumatoid arthritis. Hal ini didukung oleh fakta bahwa minyak zaitun mengandung oleocanthal yang memiliki efek antiradang.
  5. Minyak zaitun dikenal dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya obesitas. Tidak heran bahwa minyak zaitun termasuk ke dalam salah satu daftar makanan sehat yang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan.
  6. Berpotensi untuk mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Hal ini disebabkan oleh kandungan minyak zaitun yang dapat menghilangkan plak betaamyloid, pemicu penyakit Alzheimer. Walaupun begitu, studi ini baru terbatas pada uji coba pada hewan. Masih membutuhkan penelitian lanjut mengenai efeknya terhadap manusia.
  7. Minyak zaitun dikatakan dapat mengobati hingga 40% infeksi yang disebabkan oleh Helicobacter pylori, penyebab luka dan kanker di lambung.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*