Mengenal Triphala, Poliherbal yang Kaya Manfaat

Mengenal Triphala, Poliherbal yang Kaya Manfaat

Berasal dari salah satu daerah di India, Triphala adalah salah satu formula poliherbal yang disebut sebagai obat alami untuk berbagai kondisi kesehatan. Triphala memiliki arti “tiga buah” dan sebagaimana artinya tersebut, komposisi triphala terdiri dari tiga tanaman yaitu gooseberry India (Emblica officinalis), black myrobalan (Terminalia chebula), dan belleric myrobalan (Terminalia belerica)

Triphala digunakan sejak dahulu bagi masyarakat Ayurveda, India. Penggunaan poliherbal ini umumnya sebagai pengobatan asam lambung hingga gigi berlubang. Selain itu, triphala juga disebut dapat memperpanjang usia, meningkatkan kekuatan, dan berguna bagi kesehatan secara keseluruhan. 

Komposisi Penyusun Triphala

Seperti yang telah disebutkan, poliherbal ini terdiri dari tiga tanaman yang dipercaya mempunyai banyak khasiat. Komposisi penyusun triphala adalah sebagai berikut:

  1. Gooseberry India (Emblica officinalis)

Gooseberry India yang juga dikenal sebagai amla adalah salah satu buah yang populer sebagai pengobatan di Ayurveda. Gooseberry india memiliki rasa asam yang tajam serta bertekstur serat.

Amla memiliki kandungan yang sangat bergizi, tinggi vitamin C, mineral, dan asam amino. Senyawa lainnya yang terdapat dalam buah ini adalah fenol, phyllembelic acid, rutin, tanin, curcuminoids dan emblicol. Beberapa penyakit yang diyakini dapat diobati oleh amla, seperti sembelit dan pencegahan kanker.

  1. Belleric myrobalan (Terminalia belerica)

Belleric myrobalan atau Bibhitaki adalah tanaman penyusun triphala yang tumbuh di Asia Tenggara dan merupakan tanaman pohon besar. Kandungan senyawa yang dimiliki oleh belleric myrobalan adalah seperti tanin, asam elagat, asam galat, lignan, flavonoid, dan senyawa lainnya yang memiliki khasiat bagi kesehatan.

Buah dari pohon Bibhitaki digunakan dalam beberapa pengobatan tradisional seperti mengatasi infeksi bakteri dan virus. Selain itu, buah dari Bibhitaki juga dipercaya memiliki sifat antiperadangan, mengatasi diabetes, dan mengendalikan kadar gula darah.

  1. Black myrobalan (Terminalia chebula)

Black myrobalan juga dikenal dengan nama haritaki, merupakan komposisi terakhir dari triphala yang tumbuh di Timur Tengah, Cina, India, dan Thailand. Black myrobalan memiliki buah kecil berwarna hijau yang dimanfaatkan sebagai obat. 

Haritaki mempunyai kandungan senyawa terpene, polifenol, antosianin, dan flavonoid yang mana kandungan-kandungan tersebut memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Karena manfaatnya yang banyak, tanaman ini mendapatkan rujukan sebagai “raja obat” dalam pengobatan Ayurveda.

Manfaat Triphala bagi Kesehatan

Sebagai poliherbal, triphala mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat yang diberikan oleh triphala adalah sebagai berikut:

  1. Menangkal aktivitas radikal bebas

Triphala mempunyai kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh, termasuk di dalamnya terdapat vitamin C, polifenol, tanin, flavonoid, dan saponin. Zat antioksidan membantu melawan stres oksidatif yang disebabkan dari radikal bebas.

  1. Menurunkan risiko kanker

Pada riset yang dilakukan pada hewan dan uji tabung, triphala disebut dapat menurunkan risiko kanker. Triphala mempunyai kadar antioksidan yang kuat dan berkontribusi terhadap efek antikanker.

Poliherbal ini mempunyai potensi untuk menghambat pertumbuhan kanker lambung, limfoma, dan kanker pankreas pada tikus. Pada uji tabung, triphala dapat menyebabkan kematian pada sel kanker. Namun, untuk efek pada manusia masih diperlukan penelitian lebih dalam.

  1. Mencegah masalah pada gigi

Poliherbal triphala menawarkan manfaat dalam kesehatan gigi, termasuk pengurangan plak, pencegahan penyakit gusi serta gigi berlubang.

Dalam sebuah penelitian Journal of Periodontology di tahun 2016 disebutkan bahwa orang dewasa yang menggunakan triphala sebagai obat kumur memiliki pengurangan plak mulut, bakteri mulut, dan radang gusi.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat berikutnya yang ditawarkan triphala adalah menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, Anda dapat mencoba untuk menggunakan poliherbal ini.

Di dalam sebuah studi, disebutkan bahwa 62 orang dewasa dengan obesitas diberikan suplemen bubuk triphala sebanyak 10 gram per hari. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat penurunan yang lebih besar dengan kelompok yang mengkonsumsi plasebo.

  1. Sebagai pencahar alami

Triphala dikenal sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan alternatif obat pencahar.

Triphala juga disebutkan dapat memperbaiki kerusakan pada usus, mengurangi rasa sakit perut, dan memperbaiki kualitas dari ritual buang air besar.

  1. Memperlambat perkembangan penyakit mata karena faktor usia

Tanaman yang menjadi komposisi triphala mempunyai kandungan vitamin E, flavonoid, dan polifenol. Kandungan senyawa tersebut merupakan antioksidan yang kuat.

Zat antioksidan dapat menetralkan radikal bebas yang merusak sel pada tingkat molekuler. Antioksidan pada triphala dapat mencegah perkembangan penyakit penuaan tertentu seperti katarak. 

Kemungkinan Efek Samping

Triphala dapat dikatakan cukup aman untuk dikonsumsi, namun triphala juga mempunya beberapa efek samping. Triphala memiliki manfaat sebagai pencahar ringan, sehingga hal ini dapat menyebabkan efek samping seperti efek samping gastrointestinal, termasuk gas, sakit perut, kram, dan diare. Efek samping seperti ini dapat terjadi dengan dosis yang lebih kecil.

Selain itu, salah satu komponen triphala yaitu  gooseberry India dapat meningkat risiko perdarahan dan memar, sehingga bagi Anda yang memiliki gangguan perdarahan tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi poliherbal ini.

Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi triphala untuk menghindari efek samping yang dapat terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *