Mengenal Sejarah 3M Indonesia dan Produk-produknya

Sejarah 3M Indonesia

PT 3M Indonesia merupakan anak perusahaan dari 3M Worldwide. 3M sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri, infrastruktur, ritel dan lainnya. Menggunakan bermacam-macam teknologi, 3M melayani pelanggan dan masyarakat dengan produk dan layanan yang inovatif. masing-masing dari 7 bisnis tersebut telah masuk ke posisi pemimpin pasar global.

Kantor 3M Indonesia beralamat di Perkantoran Hijau Arkadia Tower F, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. 3M telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1975 hanya dengan 3 karyawan. Seperti banyak cabang 3M lainnya di seluruh dunia, 3M Indonesia didirikan untuk membawa berbagai produk 3M dan layanan untuk pasar lokal. Tahun 1980, fasilitas manufaktur asli di Cibinong direlokasi ke fasilitas manufaktur baru di Tambun, Bekasi. Kantor penjualan dan administrasi berlokasi di daerah bisnis Jakarta Pusat sampai tahun 1998, yang kemudian dikonsolidasikan dengan lokasi pabrik di Bekasi. 3M Indonesia juga memiliki kantor cabang yang berlokasi di Surabaya.

Strategi 3M Indonesia

Tahun 2016, 3M Indonesia mengadopsi pendekatan organisasi yang berpusat pada permintaan pasar untuk meningkatkan daya saing, efisiensi operasional, dan mempermudah skala bisnis perusahaan. Pendekatan ini sejalan dengan upaya untuk mengarahkan perusahaan mencapai kesuksesan jangka panjang dengan memperkuat portofolio, kemampuan penelitian dan pengembangan, serta proses bisnis. 3M Indonesia ingin lebih fokus terhadap kebutuhan konsumen loyal. Untuk mencapainya, 3M Indonesia saat ini memiliki empat kelompok bisnis, di antaranya: Keselamatan & Industri, Transportasi & Elektronik, Kesehatan, dan Konsumen.

Kombinasi ini memungkinkan 3M Indonesia untuk memantau dan mengendalikan penggerak utama perekonomian dan menentukan strategi investasi terbaik dengan menggunakan portofolio 3M yang sesuai. Misalnya, Keselamatan & Industri didorong oleh spesifikasi produk besar dalam organisasi sektor swasta, di mana kebijakan industri dan ekspor barang menjadi penggerak pasar yang utama. Lalu Infrastruktur, Konstruksi, dan Energi berbasis pada proyek-proyek besar yang diatur dalam peraturan pemerintah untuk menggunakan produk dengan spesifikasi tertentu, sehingga pengajuan penawaran (tender) sesuai dengan pemerintah.

Perawatan & Kesehatan berfokus pada rumah sakit, klinik, dokter gigi dan menjadi media utama untuk mengomunikasikan bahwa produk yang dipasarkan 3M Indonesia memiliki nilai tambah sendiri. Sedangkan Kelompok usaha Konsumen merupakan produk yang diproduksi 3M dan bisa dibeli di supermarket, apotek, toko perangkat keras, dan tempat peralatan rumah yang memudahkan pembeli menemukan produknya. Kombinasi bisnis ini relevan dengan 3M dan Indonesia karena pemerintah sedang memfokuskan diri pada rencana strategis yang mencakup promosi industri otomotif, investasi pembangunan jalan raya, dan memperluas cakupan bidang kesehatan dan perawatan.

Produk 3M Indonesia

Anda bisa menemukan produk 3M Indonesia secara online di distributor resmi dan beberapa marketplace. Produk 3M dikelompokkan menjadi 7 kategori besar, antara lain:

  1. Produk Otomotif
  2. Produk Rumah & Kantor
  3. Produk Perawatan Kantor
  4. Produk Kesehatan
  5. Produk Manufaktur & Industri
  6. Produk Alat Keselamatan
  7. Produk Paket Hemat

Masing-masing kategori tersebut terbagi lagi menjadi beberapa subkategori sesuai dengan jenis aplikasinya, seperti masker medis, alat-alat kesehatan, produk perawatan wajah dan tubuh, serta alat perlengkapan kantor. Semuanya disesuaikan dengan mengikuti kebutuhan pasar dan konsumen.

Terlepas dari semua perubahan yang terjadi dalam pasar bisnis di dunia, 3M Indonesia akan berfokus untuk memajukan bisnis yang sejalan dengan rencana pengembangan pemerintah Indonesia sambil mengembangkan dan memperkuat internal perusahaan, menerapkan pendekatan perusahaan berbasis market-centric, dan selalu menerapkan sains dan inovasi untuk membuat dampak nyata dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *