Manfaat Mangga Dapat Mencegah Beberapa Penyakit

  • February 13, 2020

Buah mangga berada dalam satu family dengan pistachio dan kacang mete. Buah tropis ini memiliki rasa yang manis, segar, dan mengandung banyak vitamin, mineral serta antioksidan sehingga manfaat mangga bagi kesehatan juga terbilang banyak. Walaupun kandungan gulanya cukup tinggi, buah mangga mengandung lemak jenuh, kolesterol dan garam yang sangat rendah. Kandungan serat, vitamin B6, vitamin A dan vitamin C pada mangga tergolong tinggi.

Selain itu, buah mangga juga mengandung banyak zat antioksidan polifenol. Totalnya, ada lebih dari 12 jenis polifenol dalam buah berdaging kuning ini. Beberapa di antaranya adalah mangiferin, katekin, antosianin, quercetin, kaempferol, rhamnetin, serta asam benzoat. Sama seperti buah papaya, buah mangga juga mengandung enzim yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan. Manfaat mangga juga bisa mengurangi gejala konstipasi dan gejala-gejala irritable bowel syndrome (IBS).

Manfaat mangga bisa mencegah penyakit berikut

  • Penyakit asma

Manfaat mangga dalam pencegahan asma berasal dari kandungan beta-karoten. Asupan tinggi beta-karoten bisa menurunkan risiko terkena penyakit asma. Beta-karoten banyak terdapat dalam buah dan sayuran yang berwarna orange seperti, papaya, wortel, wuluh, serta apricot.

  • Berpotensi mencegah kanker

Menurut sebuah penelitian, pola makan yang kaya asupan beta karoten kemungkinan bermanfaat dalam mencegah kanker prostat. Selain itu beta karoten juga berkhasiat dalam menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

Polifenol dalam buah mangga memperlihatkan efek pada semua jaringan kanker, tetapi lebih signifikan pada kanker payudara dan kanker usus besar. Namun masih butuh penelitian lanjutan untuk memastikan bahwa polifenol dalam buah mangga memang berkhasiat mencegah terjadinya kanker atau tidak.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan serat, potasium, dan vitamin yang terdapat pada buah mangga bisa membantu dalam menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Manfaat mangga yang mengandung potasium bisa Anda kombinasikan dengan mengurangi konsumsi garam agar lebih optimal dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi serta penyakit jantung.

Meskipun banyak manfaat buah mangga bagi kesehatan, jangan lupa bahwa mangga juga termasuk buah dengan kandungan gula yang tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi konsumsi mangga setiap harinya. Hindari memakan buah mangga lebih dari 330 gram per hari.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*