Manfaat Limonene untuk Kulit dan Kontroversi yang Menyertainya

Buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis kaya akan vitamin C sehingga diklaim berkhasiat mengatasi berbagai permasalahan kulit. Banyak produk skincare juga menjadikan buah jeruk sebagai bahan aktif utamanya.

limonene

Selain vitamin C, buah sitrus juga mengandung senyawa lain yang disebut dengan limonene. Konsentrasi senyawa ini paling banyak ditemukan pada kulit jeruk. Dalam bentuk sintetis disebut dengan d-limonene.

Limonene juga diklaim membawa efek positif pada kulit. Namun tak semua klaim manfaat didukung oleh bukti ilmiah. Selain itu ada beberapa kontroversi dalam penggunaannya dalam produk perawatan kulit.

Potensi manfaat limonene untuk kulit dan kesehatan

Limonene memiliki wangi yang menyegarkan sehingga sering digunakan sebagai parfum atau pewangi pada sabun, skincare, dan produk perawatan pribadi lainnya. Beberapa manfaat limonene untuk kulit antara lain:

  1. Meningkatkan penyerapan produk perawatan ke dalam kulit

Limonene merupakan bahan pembawa yang efektif, yang berarti membantu bahan lain yang dikombinasikan untuk masuk ke dalam permukaan kulit dengan cepat. Limonene dan senyawa terpenene lainnya juga memiliki potensi iritasi yang rendah daripada bahan pembawa lain sehingga membuatnya populer untuk digunakan. 

  1. Memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi

Limonene memiliki efek antioksidan yang berfungsi melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Ketika keduanya menumpuk dalam tubuh akan memicu peradangan dan menimbulkan masalah kesehatan. 

Beberapa penelitian juga menemukan efek anti-inflamasi yang dihasilkan limonene. Pemberian ekstrak kulit jeruk menunjukkan sifat perbaikan jaringan akibat dermatitis dan lesi kulit. 

Meski begitu dibutuhkan lebih banyak penelitian pada manusia untuk membuktikan klaim keduanya.

  1. Mengurangi risiko kanker

Limonene ditemukan memiliki sifat anti kanker. Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Cancer Research membuktikan potensi limonene dalam membantu mendukung perawatan kanker. 

Beberapa penelitian juga menemukan hasil yang sama, dimana limonene membantu mencegah perkembangan sel kanker termasuk kanker payudara dan kulit. Meski terlihat menjanjikan dibutuhkan penelitian lebih dalam untuk mengetahui efektivitasnya pada manusia.

Selain itu potensi kesehatan limonen antara lain:

  • Membantu menurunkan berat badan
  • Mengatasi tukak lambung
  • Mengatasi penyakit radang usus
  • Mengobati GERD
  • Mengatasi diabetes
  • Mencegah batu empedu

Risiko dan efek samping penggunaan limonene

Antioksidan pada limonene sangat mudah menguap dan teroksidasi sehingga membuat kulit lebih sensitif. Mengoleskan limonene ke kulit juga dapat menyebabkan iritasi khususnya pada pemilik kulit sensitif.

Menurut evaluasi keselamatan tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Toxicology and Environmental Health terdapat beberapa laporan iritasi kulit setelah menggunakan limonene di berbagai jenis produk. 

Sebelum menggunakan produk yang mengandung limonene, lakukan tes reaksi dengan menggunakannya dalam jumlah sedikit pada area kulit tertentu. Jika tidak menyebabkan ruam dan iritasi, Anda bisa melanjutkan penggunaannya.

Jika Anda berniat menggunakan minyak esensial limonene, campurkanlah dengan minyak pembawa lain seperti minyak alpukat atau minyak almond untuk mencegah iritasi dan sensitivitas kulit. 

Adapun mengonsumsi limonene dalam dosis yang ditentukan terbilang aman dan jarang menimbulkan efek samping. Senyawa ini sangat mudah diurai tubuh sehingga minim risiko overdosis. 

Namun penggunaannya untuk anak-anak, wanita hamil, dan ibu menyusui belum diatur sehingga bagi mereka disarankan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen limonene. 

Catatan

Hingga kini masih sedikit bukti limonene untuk mengobati kondisi medis apapun, termasuk kegunaannya dalam produk perawatan kulit. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen limonene atau menerapkannya secara topikal terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *