Kurangi Polusi Udara, Ini 5 Manfaat Air Purifier

Adanya kekhawatiran yang semakin tinggi akan tingkat polusi udara baik yang berada di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Membuat banyak orang menggunakan air purifier. Beberapa orang percaya manfaat air purifier salah satunya dapat membuat udara di sekitar bersih dan lebih sehat. 

Namun, tidak itu saja. Ternyata banyak sekali manfaat air purifier yang sangat berguna bagi kesehatan setiap orang. Nah, pada artikel ini, kami akan membahas tentang bagaimana air purifier dapat memberikan manfaat bagi penggunanya. 

Apa itu air purifier?

Air purifier atau bahas lain adalah penjernih udara dikategorikan menjadi dua jenis berdasarkan fungsinya, yaitu filter dan pembersih udara tanpa filter (filterless air purifier). Alat ini umumnya digunakan untuk memperbaiki kualitas udara yang ada di dalam ruangan. 

Bagaimana cara kerjanya?

Pembersih udara atau air purifier pada dasarnya bekerja dengan membersihkan udara yang mungkin termasuk polutan, allergen, dan racun. Mereka kebalikannya dari diffuser dan pelembab minyak esensial yang menambahkan partikel ke udara dalam ruangan. 

Air purifier juga bekerja secara berbeda air filter. Meskipun filter hanya menghilangkan partikel, purifier juga dapat membersihkannya. Partikel yang tepat dihilangkan melalui pembersih udara pada akhirnya tergantung pada jenis yang Anda pilih. Versi tertentu dibuat dengan filter untuk menjebak partikel saat udara melewatinya, sementara versi lain menetralkan partikel lain di udara anpa menyaringnya terlebih dahulu. 

Manfaat air purifier

Air purifier dengan filter teknologi HEPA yang dapat menghilangkan 99,7 persen dari airbone particular matter (PM) yang bersirkulasi di lingkungan rumah Anda. Menghilangkan polutan ini dapat menghasilkan beberapa manfaat kesehatan jangka pendek dan jangka panjang seperti kualitas tidur  yang lebih baik dan peningkatan harapan hidup.

  1. Meredakan gejala asma

Orang yang hidup dengan asma mengalami peradangan saluran bronkial. Polutan seperti bulu hewan peliharaan, serbuk sari, atau tungau dapat mengiritasi saluran udara mereka yang menyebabkan mereka kesulitan untuk bernapas. 

Kurangnya udara segar dapat menginkatkan tingkat kelembapan dalam ruangan, menyediakan tempat berkembang biak yang sempurna bagi tungau debu. Mereka akan memakan sel kulit mati dan berkembang biak dengan cepat di tempat tidur, karpet dan furnitur berlapis kain lainnya. 

Menyedot tempat tidur, karpet, dan lantai Anda dapat menghilangkan polutan ini, tetapi beberapa di antaranya tetap melayang di udara, menghirup udara yang tercemar dapat meningkatkan kemungkinan serangan asma. Beberapa air purifier efisiensi terus menjaga udara dalam ruangan Anda bebas dari polutan, mengurangi kemungkinan kesulitan bernapas yang disebabkan oleh asma. 

  1. Menghilangkan bahan kimia berbahaya dari lingungan dalam ruangan

Air purifier dengan karbon aktif dapat membersihkan kontaminan kimiawi yang bisa terdapat pada alat rumah tangga yang mengandung bahan kimia seperti ammonia, klorin, dan ftalat. Selain itu, manfaat air purifier dapat menghindari risiko beberapa masalah kesehatan, bentuk karbon yang sanga berpori digunakan dalam metode penyaringan karbon untuk menjebak bahan kimia, mendaur ulang udara segar kembali ke dalam ruangan. 

  1. Menetralkan bau tidak sedap

Beberapa bahan kimia seperti bensin, benzene, dan formaldehida terurai pada suhu kamar yang menyebabkan keluarnya bau gas, yang biasa ditemukan pada cat, semprotan aerosol, furniture berlapis kain, atau penyegar udara. Bau tersebut dapat menyebabkan mual, sesak napas, dan bahkan mengganggu fungsi kognitif Anda. Nah, air purifier akan berkerja untuk membuat udara ruangan tersebut menjadi kembali segar. 

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Allergen dalam ruangan seperti bakteri, jamur dan tungau debu dapat memicu alergi atau demam. Sering bersin, batuk, hidung tersumbat, mata berair, atau sakit tenggorokan adalah beberapa gejala alergi umum yang dapat mengganggu tidur Anda. Untuk menghindari gangguan tidur ini, sebaiknya gunakan air purifier HEPA karena dapat menyaring sebagian besar allergen dari kamar Anda. 

  1. Mengurangi kemungkinan penularan penyakit udara

Penyakit yang ditularkan melalui udara seperti flu menyebar melalui patogen kecil yang beredar. Nah, air purifier dengan filter HEPA dapat menangkap bakeri dan virus ini. Dengan begitu, Anda pun dapat melindungi diri Anda dan keluarga Anda dari virus dan penyakit. Begitu banyak manfaat air purifier bagi kesehatan nda tentu akan membuat Anda hidup lebih segar dan sehat. Dengan air purifier tentunya Anda pun dapat membuat kualitas hidup yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *