Ketombean? Coba Minyak Essensial Rambut Ini!

Ketombe memang hal yang wajar terjadi pada kulit kepala seseorang. Namun, siapa pun yang memilikinya pasti tidak akan senang. Bagaimana tidak, karena ketombe, kulit akan merasa gatal dan sangat tidak nyaman. 

Ketombe memang bukanlah kondisi yang serius atau menular, namun jika sulit untuk diobati akan sangat mengganggu dan membuat penderita tidak percaya diri. Nah, salah satu cara untuk mengatasi ketombe adalah dengan menggunakan minyak essensial rambut yang dapat mengatasi ketombe. Bagaimana caranya?

Apa itu ketombe?

Ketombe adalah kondisi kulit kepala kronis, non-inflamasi, bersisik yang ditandai dengan pengelupasan kulit di kulit kepala Anda. 

Gejala ketombe meliputi:

  • Penskalaan kulit kepala 
  • Serpihan kulit mati di rambut dan bahu
  • Kulit kepala gatal

Ketombe bisa disebabkan oleh:

  • Kulit kering 
  • Jamur Malassezia
  • Dermatitis seboroik (iritasi, kulit berminyak)
  • Dermatitis kontak (kemungkinan sensitif terhadap produk perawatan rambut)
  • Kebersihan yang buruk

Minyak essensial rambut untuk mengatasi ketombe

Ada berbagai pilihan penggunaan minyak essensial untuk mengatasi ketombe, termasuk:

  • Banyak sampo komersial yang mengandung minyak esensial dan formulanya, bacalah bahan pada label untuk mengetahui apakah produk tersebut mengandung minyak esensial yang ingin Anda coba.
  • Anda dapat mencampurkan  beberapa tetes minyak esensial rambut yang ada dalam sampo.
  • Pertimbangkan untuk membuat sampo Anda sendiri yang mengandung banyak minyak esensial pilihan Anda dan bahan-bahan yang kompatibel. 

Hindari mengoleskan minyak esensial langsung ke kulit kepala Anda, selalu gunakan minyak pembawa atau campuran untuk mengencerkannya, serta jauhkan dari jangkauan anak-anak. 

Jenis minyak essensial rambut membantu atasi ketombe

  • Tea tree oil. Minyak pohon teh atau tea tree oil adalah salah satu minyak esensial yang paling sering direkomendasikan untuk atasi ketombe. Minyak esensial ini mengandung antibakteri dan antijamur yang kuat yang dapat membunuh dan mengusir hal asing yang menyerang kulit kepala Anda. 

Caranya, campurkan satu tetes tea tree oil dengan 4 ons minyak zaitun atau minyak kelapa, panaskan. Selanjutnya pijat minyak ke kulit kepala Anda dan tutupi kepala dengan shower cap selama 30 menit lalu keramas seperti biasa. Aplikasikan cara ini paling tidak satu kali seminggu. 

  • Geranium. Minyak essensial rambut lainnya untuk membersihkan kulit kepala yang kering, menghilangkan ketombe, geranium adalah tambahan yang bagus selain sampo yang Anda gunakan. Geranium akan membantu kesehatan kulit kepala Anda dan melindungi keseimbangan batang rambut Anda, memperkuat dan menyembuhkan rambut yang rusak dari akar hingga ujung. 
  • Peppermint. Minyak peppermint memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Minyak ini pun dapat menenangkan kulit kepala yang gatal dan membantu menyerap minyak berlebih di kulit kepala. 
  • Rosemary. Minyak rosemary memiliki kualitas antijamur, astrigen, dan dekongestan untuk mengurangi minyak berlebih, penumpukan, dan serpihan yang dapat terjadi bagian dari pengalaman berketombe. Rosemary memiliki sifat antijamur yang membantu mengatasi aktivitas jamur yang terlalu aktif di kulit kepala, yang merupakan sumber ketombe. 

Caranya, Anda dapat menempatkan beberapa tetes pada tangan Anda yang dicampurkan dengan minyak lain, seperti minyak jojoba, lalu pijat ke kulit kepala, bisa dalam keadaan rambut basah atau kering. Disarankan untuk melakukan metode ini setiap hari sampai ketombe hilang. Kemudian Anda bisa melakukannya dua hingga tiga kali seminggu untuk perawatan. 

  • Cedarwood. Minyak essensial rambut lainnya adalah Cedarwood, yang berasal dari kayu dan memiliki esensi berasap dan berkayu yang mengingatkan Anda ketika sedang berkemah. Minyak essenaial cedarwood memiliki antiinflamasi dan pembersihan yang membantu mengurangi peradangan yang terjadi saat menangani ketombe. Manfaatnya termasuk mengurangi rasa gatal, iritasi, dan kemerahan. 

Jadi, minyak esensial rambut apa yang akan Anda coba terlebih dahulu untuk mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala? Yuk, coba sekarang juga!   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *