Ketahui Manfaat Wortel Ungu Berikut Ini

Wortel adalah sayuran lezat yang hadir dalam beberapa warna. Wortel ungu misalnya, tidak hanya sayuran ini menarik mata, tetapi manfaat wortel ungu bagi kesehatan tubuh sangatlah melimpah. Semua jenis wortel mengandung nutrisi yang tinggi. Namun, wortel ungu kaya akan kandungan antioksidan yang diketahui dapat melawan peradangan dan memiliki manfaat terhadap kondisi kesehatan tertentu. Artikel ini akan membahas manfaat wortel ungu bagi kesehatan Anda.

Kaya akan kandungan nutrisi

Semua jenis wortel diperkaya dengan berbagai macam nutrisi. Salah satu manfaat wortel ungu adalah kandungan potassium, serat, vitamin C, mangan, vitamin A, dan beberapa vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebagai tambahan, wortel juga rendah kalori. Dalam 128 gram wortel mentah, misalnya, hanya mengandung 52 kalori saja. Apa yang membuat wortel unik perihal kandungan nutrisinya adalah sayuran ini memiliki antioksidan anthocyanin. Anthocyanin masuk ke dalam keluarga antioksidan polifenol dan ditemukan dalam buah dan sayuran berwarna ungu seperti blackberry, anggur, kentang ungu, kubis ungu, dan wortel ungu. Antioksidan seperti anthocyanin membantu melindungi tubuh Anda dari stres oksidatif, yang mana merupakan ketidakseimbangan antara molekul reaktif yang disebut radikal bebas dan antioksidan di dalam tubuh Anda. Stres oksidatif telah dihubungkan dengan beberapa kondisi kesehatan serius, seperti kanker, penurunan kesehatan mental, penyakit jantung, dan penuaan. 

Mengandung antioksidan yang kuat

Manfaat wortel ungu yang kedua ada pada kandungan antioksidannya yang kuat. Diet makanan yang kaya kandungan anthocyanin dapat melindungi tubuh dari kondisi kesehatan tertentu, terutama yang berhubungan dengan peradangan. Anthocyanin akan bertindak sebagai agen anti peradangan dengan cara mengurnagi senyawa yang berpotensi membahayakan tubuh, seperti cytokines pro-peradangan. Mengurangi senyawa tersebut dapat menurunkan risiko kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung. 

Sebuah tinjauan dari 24 studi menunjukkan bahwa orang-orang yang makan diet kaya anthocyanin seperti wortel ungu memiliki aliran darah yang meningkat dengan signifikan dan fungsi pembuluh darah yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak. Aliran darah yang buruk dan fungsi pembuluh darah yang tidak cukup merupakan penyebab utama penyakit jantung, sehingga dengan mengatasi faktor risiko tersebut dapat menurunkan risiko Anda dalam menderita beberapa kondisi kesehatan jantung tertentu. 

Studi besar lainnya pada lebih dari 34 ribu wanita menghubungkan konsumsi 0,2 mg anthocyanin per hari secara signifikan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Anthocyanin juga menunjukkan dapat melindungi tubuh dari penurunan kesehatan mental. Sebuah tinjauan dari 7 studi mendemonstrasikan bahwa beberapa gangguan kesehatan mental tertentu, seperti ingatan dan pembelajaran verbal, semakin membaik pada anak-anak, orang dewasa, dan orang tua setelah mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan anthocyanin. Sebagai tambahan, studi populasi menyatakan bahwa peningkatan asupan makanan yang mengandung anthocyanin tinggi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. 

Selain anthocyanin, wortel ungu juga mengandung antioksidan polifenol, seperti asam chlorogenic dan asam caffeic. Faktanya, manfaat wortel ungu menyediakan rata-rata 9 kali antioksidan polifenol dibandingkan dengan wortel dalam warna lain. Polifenol telah menunjukkan dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko penyakit jantung, penurunan mental, dan beberapa jenis penyakit kanker. 

Dengan manfaat wortel ungu yang disebutkan di atas, sudah cukup kiranya bagi Anda untuk menambahkan sayuran sehat dan lezat ini ke dalam menu diet sehari-hari. Mengingat wortel merupakan sayuran yang versatile, Anda bisa memasaknya, membuatnya menjadi jus, atau bahkan memakannya langsung mentah-mentah untuk mendapatkan manfaat nutrisi melimpah yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *