Kenali 8 Manfaat VCO yang Baik untuk Kulit

Virgin Coconut Oil (VCO) atau yang lebih dikenal dengan minyak kelapa murni ini merupakan minyak yang berasal dari daging kelapa segar yang sudah diekstraksi. Manfaat VCO untuk kesehatan maupun kecantikan kulit memang sudah sangat terkenal bahkan sejak zaman dahulu.

Disebut ‘virgin’ karena minyak ini dalam proses pembuatannya masih alami dan mengandung lemak baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat VCO

Manfaat VCO mulai dari mengatasi jerawat hingga digunakan sebagai moisturizer. Untuk mengetahui berbagai manfaat VCO secara lebih lengkapnya, simak informasi berikut ini.

  1. Mampu Mengurangi Peradangan

Bagi penderita eksim, dermatitis kontak, dan pengidap psoriasis, mungkin akan sering mengalami peradangan kulit. Ternyata VCO atau minyak kelapa murni dapat mengatasi masalah ini.

  • Dapat Menghilangkan Bakteri dan Jamur di Kulit

Minyak kelapa murni juga dapat membunuh mikroorganisme, jamur, maupun bakteri pada kulit. Manfaat ini didapat dari adanya kandungan asam laurat dalam minyak kelapa. Bakteri atau jamur ini memang mejadi penyebab banyak masalah kulit seperti kutu air, jerawat, selulitis, maupun folikulitis. Cara penggunaanya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa murni pada bagian kulit yang terinfeksi.

  • Melembapkan Kulit

Bagi pemilik kulit kering mungkin akan membutuhkan manfaat VCO yang satu ini. Menurut penelitian minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering, bahkan dapat mengurangi gejala eksim.

Jadi, minyak kelapa baik dioleskan pada kulit setelah mandi agar membuat kadar air bisa “terkurung” lebih lama di kulit. Sehingga membuat kulit lebih kenyal dan lembap.

  • Dapat Mengatasi Jerawat

Minyak kelapa murni memang mengandung aifat anti-inflamasi dan antibakteri sehingga sangat cocok menjadi bahan alami mengatasi jerawat. Akan tetapi, setiap kulit akan memberikan respon yang berbeda-beda. Anda bisa mencoba mengoleskan VCO di bagian terkecil terlebih dahulu. Jika aman dan tidak menimbulkan reaksi yang menambah masalah kulit, Anda bisa melanjutkan penggunaannya.

  • Meningkatkan Produksi Kolagen

Manfaat VCO berasal dari asam laurat yang terkandung di dalamnya. Asam laurat ini memicu produksi kolagen pada kulit. Kolagen merupakan komponen penting bagi kulit yang berfungsi untuk membuat kulit terlihat elastis dan kencang. Selain itu, kolagen juga bermanfaat untuk mencegah garis halus di kulit dan membuatnya awet muda.

  • Menyamarkan Noda Hitam

Ada juga yang menyebut penggunaan minyak kelapa murni ini dapat menyamarkan bercak hitam pada kulit. Selain itu, manfaat VCO juga diyakini dapat menyamarkan warna kulit belang serta membuat warna kulit lebih cerah. Apalagi jika saat pemakaiannya dikombinasikan dengan perasan air lemon.

Akan tetapi manfaat VCO ini belum dibuktikan dengan riset. Lagipula, pada kulit masing-masing orang akan berbeda efeknya.

  • Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka

Minyak kelapa juga dinilai dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Hal ini karena dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dan produksi kolagen di kulit. Sifat antimikrobial yang terkandung di dalamnya juga mampu mencegah luka mengalami infeksi.

  • Sebagai Scrub Alami

Manfaat VCO lainnya juga dapat mengangkat sel kulit mati. Efeknya akan membuat kulit Anda terlihat lebih lembut dan cerah. Cara menggunakannya bisa mencampur minyak kelapa dengan bubuk kopi. Lalu, gunakan seperti menggunakan produk scrub biasa.

Namun, Anda juga harus memperhatikan penggunaannya pada kulit. Manfaat VCO memang banyak untuk kesehatan kulit. Akan tetapi, VCO bersifat comedogenic yang pada sebagian orang bisa menyumbat pori-pori dan membuat kulit wajah breakout.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *