Karbohidrat Kompleks

  • June 15, 2020

Karbohidrat adalah salah satu sumber energi yang paling banyak dibutuhkan manusia setiap hari. Karbohidrat terdiri dari dua jenis, antara lain karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat sederhana merupakan jenis karbohidrat yang memiliki ukuran rantai molekul yang kecil. Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang memiliki ukuran rantai molekul yang panjang.

Gula merupakan bahan yang mengandung karbohidrat sederhana. Serat dan pati merupakan bahan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Mengapa Perlu Mengkonsumsi Karbohidrat Kompleks?

Sebagian orang cenderung mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, dibandingkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Berikut adalah alasan mengapa orang-orang cenderung mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks:

  1. Karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak nutrisi

Karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak nutrisi berupa serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Hal tersebut dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia.

  • Karbohidrat kompleks dapat membuat seseorang kenyang lebih lama

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, maka Anda akan merasa kenyang lebih lama. Proses untuk mencerna makanan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat sederhana.

  • Karbohidrat kompleks dapat menjaga kadar gula darah

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan. Hal tersebut dapat membantu manusia menjaga kadar gula darah di dalam tubuh, agar terlindung dari penyakit seperti diabetes tipe 2.

  • Karbohidrat kompleks dapat menjaga kadar kolesterol

Apel dan oatmeal adalah contoh makanan yang bisa dikonsumsi, karena mengandung karbohidrat kompleks. Makanan seperti ini dapat membantu manusia menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein).

  • Karbohidrat kompleks dapat membantu menurunkan berat badan

Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, manfaat lain yang diperoleh adalah menurunkan berat badan. Karbohidrat kompleks dapat membantu Anda mempertahankan berat badan dalam jangka panjang.

  • Karbohidrat kompleks dapat mencegah kondisi kronis

Orang-orang percaya bahwa karbohidrat kompleks dapat mencegah kondisi kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan beberapa jenis kanker.

Contoh-Contoh Makanan Karbohidrat

Menurut Dietary Guidelines, setiap orang perlu menjaga asupan karbohidrat, yaitu sebesar 45 hingga 65% dari kalori harian. Sebagian besar karbohidrat yang manusia konsumsi harus berasal dari sumber karbohidrat kompleks yang sehat.

Berikut adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang bisa Anda konsumsi: beras merah, jelai, soba, gandum, quinoa, apel, pisang, brokoli, kentang, ubi, jagung, asparagus, buncis, kacang merah, zucchini, dan lentil.

Anda juga dapat mengkonsumsi biji olahan seperti tepung putih, tepung jagung, roti putih, dan nasi putih. Meskipun demikian, makanan seperti ini mengandung gizi yang rendah sehingga Anda perlu membatasi asupannya setiap hari. Selain itu, contoh-contoh makanan yang mengandung karbohidrat sederhana yang perlu dibatasi adalah permen, kue, es krim, soda, dan minuman berenergi.

Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana perlu Anda batasi. Hal tersebut dapat berpotensi meningkatkan gula darah sehingga berat badan juga ikut naik. Meskipun demikian, Anda bisa mengkonsumsi karbohidrat sederhana berupa buah kering, sayur dan biji-bijian tertentu, dan produk susu.

Ketika Anda membeli makanan di supermarket, pastikan Anda perhatikan kandungan yang ada pada makanan yang ingin dibeli. Contohnya, jika Anda ingin membeli roti, Anda sebaiknya memilih roti dengan bahan gandum utuh. Roti tersebut merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Anda juga dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung gula tambahan. Makanan yang mengandung gula tambahan mengandung serat, vitamin, dan mineral yang rendah. Selain itu, makanan seperti ini dapat menimbulkan risiko seperti diabetes.

Kesimpulan

Itulah informasi tentang karbohidrat kompleks yang perlu Anda ketahui. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah jenis makanan yang dapat Anda coba jika Anda ingin diet atau menerapkan pola hidup yang sehat.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*