Jenis Penyakit Kulit pada Anak yang Jarang Terjadi

Masa anak-anak memang paling mengasyikkan. Namun, tidak dapat dipungkiri, masa anak-anak juga merupakan masa dimana paling rentan terkena penyakit, salah satunya penyakit kulit. Ada beberapa jenis penyakit kulit yang sering terjadi pada anak-anak. Begitu juga sebaliknya, ada juga beberapa jenis penyakit kulit yang sangat jarang terjadi pada anak. Penasaran apa saja? Simak ulasan lengkap berikut.

  • Harlequin Ichthyosis

Jenis penyakit kulit ini diturunkan dan sangat langka terjadi pada anak. Penyakit ini dapat menyebabkan anak terlahir dengan kulit yang tebal dan kasar yang membentuk pola seperti wajik di sekujur tubuh. Pola wajik pada kulit ini dipisahkan oleh lipatan yang dalam, sehingga menyerupai kulit buaya. Jenis penyakit kulit ini juga dapat membuat penderitanya sulit untuk bergerak.

Risiko kematian besar terutama pada bayi yang baru lahir, karena mereka menjadi lebih rentan mengalami perubahan suhu, gangguan makan, infeksi, dan gangguan pernapasan. Jenis penyakit kulit ini tidak dapat disembuhkan karena penyebabnya dari faktor genetik. Upaya yang bisa dilakukan hanya meringankan gejala dengan menggunakan pelembap kulit sesering mungkin.

  • Epidermolysis bullosa

Jenis penyakit kulit ini menyebabkan kulit menjadi rapuh dan gampang melepuh. Kulit terasa melepuh bahkan hanya dengan terkena panas, menggosok-gosok atau menggaruk kulit. Penyakit kulit ini juga diturunkan secara genetik dan paling sering muncul pada masa bayi atau anak-anak. Sama seperti jenis penyakit kulit langka lainnya, hingga saat ini jenis penyakit kulit ini belum dapat disembuhkan. Namun, pada jenis yang ringan, gejalanya dapat membaik seiring bertambahnya usia.

  • Exfoliative ichthyosis

Jenis penyakit kulit ini juga merupakan kondisi yang diturunkan, gejalanya kulit sering terkelupas secara tiba-tiba tanpa penyebab namun tidak terasa perih. Gejala ini berupa rasa gatal dan bercak merah pada kulit, tubuh yang pendek, dan rambut baru yang gampang dicabut. Besarkan luar keterlibatan kulit, kondisi ini dibagi menjadi dua macam, yaitu melibatkan kulit seluruh tubuh dan yang hanya melibatkan kulit tangan serta kaki saja.

Jenis penyakit kulit ini juga merupakan penyakit seumur hidup sampai sekarang belum dapat disembuhkan. Penanganan yang dapat dilakukan hanyalah menggunakan pelembap kulit terutama setelah mandi saat kulit masih lembap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *