Jenis-jenis Penyakit dan Obat Kulit yang Mudah Ditemukan di Rumah

Penyakit kulit masih umum ditemukan di negara-negara tropis dan masih tergolong negara berkembang. Termasuk salah satunya Indonesia, terdapat beberapa macam jenis penyakit kulit dengan berbagai faktor yang menjadi penyebabnya. Terlepas dari banyaknya ketersedian obat berbahan kimia, masyarakat juga kerap memanfaatkan bahan alami sebagai obat kulit.

Kulit merupakan organ terbesar yang ada di tubuh manusia dan merupakan organ penting karena fungsinya untuk melindungi bagian dalam tubuh. Termasuk melindungi tubuh dari virus, bakteri hingga perubahan suhu atau cuaca yang terjadi. Sementara itu, perlu mengetahui berbagai jenis penyakit kulit yang ada agar bisa memilih penanganan yang tepat.

Jenis Penyakit Kulit

  • Bisul

Merupakan infeksi kulit berbentuk benjolan merah dan bisa membesar, bisul dapat tumbuh di seluruh sisi tubuh. Kondisi ini disebabkan karena infeksi bakteri stafilokokus aureus pada kulit dan lebih sering ditemukan di bagian tubuh yang lembab, seperti lipatan paha, sela bokong, leher, ketiak hingga kepala.

  • Kudis

Merupakan penyakit yang disebabkan karena parasit tungau, sarcoptes scabier var hominis. Orang yang terjangkit penyakit kulit ini, biasanya tinggal di tempat kumuh dan tidak terjaga kebersihannya. Tanda-tandanya, muncul rasa gatal yang hebat di malam hari, khususnya pada sela-sela jari kaki, tangan, bawah ketiak hingga alat kelamin.

  • Eksim

Disebut juga dermatitis, tanda utama yang dirasakan penderitanya adalah rasa gatal berlebih pada kulit dengan munculnya warna memerah. Bersisik hingga pecah-pecah, ada pula gelembung-gelembung kecil yang mengandung air atau nanah. Kondisiini disebabkan karena alergi pada rangsangan zat kimia spesifik.

  • Kurap

Kondisi ini disebabkan adanya jamur di kulit, gejalanya sangat mudah dikenali yakni timbulnya lingkaran-lingkaran yang bersisik berwarna putih dan disertai rasa gatal. Jenis penyakit kulit ini muncul karena kurangnya menjaga kebersihan kulit.

  • Herpes

Jenis penyakit kulit yang selanjutnya adalah herpes, kemunculan penyakit ini ditandai dengan adanya ruam tidak rata dan berukuran kecil hingga akhirnya melepuh. Penderita akan merasakan perih dan gatal yang berujung kulit menjadi lebih sensitif, selain itu daerah kulit yang kerap terkena adalah area yang lembab seperti lipatan paha dan bokong.

Obat Kulit Alami

  • Bawang Putih

Bahan masakan ini memiliki sifat antibakteri dan antibiotik yang berperan dalam proses penyembuhan infeksi jamur pada kulit. Caranya, haluskan beberapa siung bawang putih lalu campur dengan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan pada kulit yang terdapat jamur dan bilas hingga bersih lalu keringkan.

  • Minyak Kelapa

Kandungan minyak kelapa bermanfaat untuk membunuh jamur dan melindungi kulti dari infeksi jamur, pakai ekstra virgin untuk mengatasi masalah jamur. Caranya, oleskan minyak kelapa alami ke bagian kulit yang berjamur, ulangi beberapa kali dalam satu minggu hingga jamur benar-benar hilang.

  • Plain Yogurt

Memiliki kandungan probiotik yang bisa mencegah pertumbuhan jamur pada kulit, cara menggunakannya bisa dengan mengoleskan plain yogurt dengan kapas ke permukaan kulit yang terkena jamur. Setelahitu, diamkam selama setengah jam lalu bilas menggunakan air hangat dan keringkan.

  • Cuka Apel

Obat kulit ini memiliki sifat antimikroba, bisa membuatnya ampuh dalam mengatasi jamur-jamur yang bisa menyebabkan penyebaran infeksi. Sifat asam yang terdapat pada cuka apel juga bagus untuk membantu mencegah penyebaran infeksi dan memulihkan infeksi dengan cepat. Caranya, minum campuran air dan cuka apel atau oleskan cuka apel pada tubuh yang sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *