Catat! Berikut Cara-Cara Mengatasi Gejala Penyakit Meniere

  • March 7, 2020

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang penyakit meniere? Penyakit meniere adalah salah satu gangguan yang terjadi pada telinga. Penyakit ini umumnya memiliki gejala pusing sehingga memberikan efek seperti berputar.

Salah satu faktor yang memicu terjadinya gangguan ini adalah adanya penumpukan cairan pada telinga bagian dalam yang juga ternyata mengganggu sistem keseimbangan tubuh. Sayangnya, hingga saat ini penyebab atau alasan terjadinya penumpukan cairan tersebut masih belum diketahui secara jelas.

Selain adanya penumpukan cairan, penyakit meniere juga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti buruknya sirkulasi cairan pada telinga, adanya gangguan sistem kekebalan tubuh, alergi, cedera kepala, migrain, infeksi virus seperti meningitis, hingga riwayat medis keluarga yang juga mengidap penyakit meniere.

Gejala pusing yang terjadi pada penyakit meniere umumnya terjadi selama 20 menit hingga berjam-jam lamanya. Kondisi tersebut terjadi hanya dalam kurun waktu 24 jam. Mengingat bahwa kondisi tersebut sangat mengganggu, Anda perlu segera mengatasi gejala pusing tersebut agar tidak memicu pada kondisi yang lebih parah.

Cara mengatasi gejala penyakit meniere

Di bawah ini, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan jika gejala meniere menyerang:

  • Konsumsi obat vertigo yang umumnya Anda minum.
  • Duduk dengan tenang atau berbaring.
  • Tutup mata Anda atau juga bisa dengan menetapkan padangan pada suatu benda yang berada di depan hadapan Anda.
  • Hindari perubahan kepala yang dilakukan secara mendadak.
  • Bergerak lah dengan perlahan secara berhati-hati.
  • Ketika gejala mulai mereda, bergeraklah secara perlahan sehingga tubuh dapat menyesuaikan kembali seperti kondisi semula.

Tips tersebut dapat Anda lakukan jika Anda sedang melakukan aktivitas yang berpotensi mengganggu keselamatan, baik diri Anda maupun orang lain. Tips tersebut sangat direkomendasikan untuk diterapkan ketika Anda sedang berkendara, berenang, menaiki tangga, dan juga ketika mengoperasikan mesin berat.

Jika gejala peusing tersebut sudah tidak dapat Anda atasi atau gejala tersebut diikuti dengan gejala muntah, maka segera konsultasikan kondisi Anda pada dokter. Pemeriksaan dini yang dilakukan berpeluang besar efektif dalam mengatasi gejala yang Anda rasakan. Selain itu, dengan berkonsultasi pada dokter, Anda pasti akan mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. 

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*