Berbahaya, 7 Metode Diet Ekstrim Ini Sebaiknya Tidak Dicoba!

Memiliki tubuh langsing memang didambakan oleh banyak wanita. Tak heran jika berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan bentuk tubuh seperti model. Salah satunya dengan mencoba diet ekstrim yang sesungguhnya sangat berbahaya bagi kesehatan.

Kesalahan memilih metode diet ini akan berdampak tidak hanya pada fisik, tetapi juga mental. Metode diet ekstrim yang sering dilakukan berikut ini sangat berbahaya dan tidak dianjurkan untuk dilakukan. Apa saja?

7 Diet Ekstrim yang Harus DIhindari

Jangan tergiur dengan bentuk tubuh langsing secara instan dan cepat. Berikut adalah beberapa metode diet ekstrim yang berbahaya dan sebaiknya tidak dicoba untuk menurunkan berat badan.

  • Diet Kapas

Seperti namanya, metode diet kapas ini dilakukan dengan cara mencelupkan kapas ke dalam jus atau smoothie kemudian kapas tersebut dimakan. Hal ini bertujuan untuk membuat tubuh menjadi kenyang dan membuat rasa lapar hilang. Namun, Anda perlu berhati-hati, sebab kapas mengandung bahan kimia berbahaya seperti pemutih. Selain itu, kapas juga dapat menyumbat saluran pencernaan Anda.

  • Diet Jahit Lidah

Diet jahit lidah ini akan membuat Anda menjadi kehilangan nafsu makan akibat rasa tidak nyaman. Metode ini dilakukan dengan cara menjahit patch plastik pada lidah sehingga Anda tidak akan nyaman saat makan.

Namun, diet yang satu ini tidak hanya menghilangkan nafsu makan, tetapi juga berbahaya bagi lidah Anda karena bisa mengalami bengkak dan sulit berbicara.

  • Diet Cacing Pita

Metode diet yang satu ini sudah ada sejak awal abad ke-20. Diet ekstrim ini sangat berbahaya karena dilakukan dengan mengkonsumsi tablet yang mengandung telur cacing pita. Saat telur sudah menetas di pencernaan, cacing pita akan memakan makanan Anda dan nutrisi yang ada di dalam tubuh.

Anda akan mengalami mual, kelelahan, sakit perut hingga diare akibat kekurangan gizi. Cacing pita juga dapat bergerak masuk ke pembuluh darah hingga ke otak, mata, ataupun ke sumsum tulang belakang. Tidak hanya menyebabkan kejang, sakit kepala, kelumpuhan, tetapi juga dapat menyebabkan kematian.

  • Diet Putri Tidur

Metode diet ini adalah dengan menjadi layaknya putri tidur. Saat tidur, kita tidak akan bisa makan. Banyak tidur juga diklaim dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori juga turut meningkat.

Bahkan, para pelaku diet ekstrim putri tidur ini mengkonsumsi obat tidur agar bisa tidur berjam-jam. Selain kekurangan nutrisi akibat tidak konsumsi makanan, konsumsi obat tidur juga memiliki efek samping bagi kesehatan.

  • Diet Makanan Bayi

Metode diet makanan bayi dilakukan dengan mengkonsumsi 14 toples makanan bayi dan makan biasa satu kali per hari. Kenapa makan makanan bayi? Sebab, makanan bayi terkandung kalori yang sangat rendah dan disebut akan membuat berat badan jadi lebih mudah turun. Namun, dengan melakukan diet ini, tubuh Anda akan kekurang serat yang penting bagi sistem pencernaan orang dewasa. Selain itu, tubuh akan kekurangan nutrisi dan meningkatkan risiko mengalami binge eating.

  • Diet Sup Kol

Diet sup kol juga termasuk diet ekstrem meskipun terdengar sehat. Sup kol biasanya dikombinasikan dengan makanan lain yang sangat terbatas. Sehingga membuat tubuh kehilangan nutrisi lain berupa karbihidrat dan juga lemak sehat. Meskipun dapat membantu mengurangi berat badan Anda.

Namun, perlu diketahui bahwa nutrisi tersebut sangat penting bagi metabolisme tubuh. Jika diet dengan metode ini tidak dilanjutkan, berat badan Anda akan kembali naik dengan cepat.

  • Diet Konsumsi Cairan

DIet ini dilakukan oleh Beyonce dan diklaim ampuh menurunkan berat badan.  Metode diet ekstrim ini dengan mengkonsumsi semua yang serba cairan. Seperti air putih, teh herbal, sirup maple, jus lemon, dan cairan lainnya sekitar 6-12 gelas dalam 10 hari.

Selain tubuh akan menjadi kekurangan nutrisi, tubuh juga akan mengalami lemas, lapar, dan mudah kesal karena tidak konsumsi nutrisi lainnya.

Macam-macam diet ekstrem tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. alih-alih mendaoatkan tubuh ideal, Anda malah merusakan kesehatan dan bukan tidak mungkin pada kasus yang lebih parah dapat menyebabkan kematian. Sebaiknya, cobalah dengan melakukan diet sehat dan merubah gaya hidup yang lebih sehat untuk jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *