Apa Itu Kecerdasan Emosional dan Bagaimana Mengaplikasikannya?

orang dengan kecerdasan emosional yang baik dapat berkomunikasi yang baik dengan orang lain

Mungkin Anda sudah akrab dengan kecerdasan umum, yaitu sebuah kemampuan untuk belajar, menerapkan pengetahuan, dan menyelesaikan masalah. Namun, ini bukanlah satu-satunya jenis kecerdasan yang manusia miliki. Beberapa orang juga memiliki kecerdasan emosional, yaitu kemampuan seseorang dalam mengidentifikasi dan mengatur emosi diri sendiri dan orang lain. Kecerdasan emosional umumnya melibatkan sedikitnya 3 keterampilan, yaitu kesadaran emosional, yaitu kemampuan untuk mengidentifikasi emosi seseorang; kemampuan untuk memanfaatkan emosi tersebut dan menggunakannya untuk berpikir atau memecahkan masalah; dan kemampuan dalam mengelola emosi, yang terdiri dari mengatur emosi diri sendiri dan membantu orang lain menghadapi hal yang serupa. 

Komponen-komponen kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional adalah istilah atau konsep yang dipopulerkan oleh peneliti pada tahun 1990. Konsep ini berbeda dengan kecerdasan umum. Singkatnya, kecerdasan emosional adalah kemampuan dalam memahami dan mengatur emosi Anda sendiri. Mereka yang memiliki kecerdasan emosional juga memiliki keterampilan dalam mengerti dan memengaruhi emosi serta perilaku orang lain. Dengan pemahaman tersebut, bukan menjadi hal yang mengherankan apabila mereka yang memiliki kecerdasan emosional memiliki kesuksesan yang lebih dalam hidup. Ada 5 elemen dalam kecerdasan emosional, yaitu:

  • Kesadaran diri. Ini berarti Anda sadar terhadap perasaan dan motif diri sendiri. Orang-orang dengan kesadaran emosional sering menunjukkan kesadaran diri dalam level yang tinggi. Anda tahu bagaimana emosi Anda memengurahi diri sendiri dan orang lain, dan Anda tidak akan membiarkan emosi tersebut mengatur diri Anda. 
  • Regulasi diri. Orang-orang dengan kemampuan untuk melakukan regulasi diri tidak akan membuat keputusan-keputusan yang impulsif. Mereka akan berhenti sejenak dan berpikir tentang konsekuensi dari tindakan apa yang bisa didapatkan sebelum melakukan sesuatu. 
  • Motivasi. Orang-orang dengan kecerdasan emosional lebih produktif dan memiliki motivasi kuat. Mereka akan memikirkan hasil yang lebih besar, dan menilai bagaimana tindakan mereka dapat berkontribusi terhadap sukses jangka panjang. 
  • Empati. Orang-orang dengan kecerdasan emosional jarang yang memikirkan diri sendiri. Mereka akan berempati terhadap situasi diri sendiri dan orang lain. Mereka juga merupakan seorang pendengar yang baik, tidak mudah menghakimi, dan mengerti kebutuhan dan keinginan orang lain. Oleh karena alasan ini, orang-orang dengan kecerdasan emosional sering dipandang sebagai pribadi yang setia dan teman yang penyayang. 
  • Keterampilan sosial. Apabila Anda memiliki kecerdasan emosional, Anda akan lebih berkolaborasi dan bekerja dalam suatu kelompok. Anda dapat menjadi pemimpin yang baik karena kemampuan komunikasi yang kuat dan kemampuan dalam mengatur hubungan. 

Kecerdasan emosional memiliki banyak manfaat dalam hidup, namun yang paling penting adalah manfaat penerapannya dalam ruang lingkup pekerjaan. Faktanya, memiliki kecerdasan emosional dapat mengembangkan karir profesional yang dimiliki. Kemampuan dalam menerima kritik membangun tanpa mempersalahkan orang lain dapat membantu Anda tumbuh sebagai seorang karyawan dan berkembang di bidang yang sedang Anda jalani. Kecerdasan emosional juga bermanfaat di lingkungan kerja karena Anda jarang membuat keputusan buruk dan impulsif yang dapat memengaruhi kinerja Anda. Anda akan menggunakan logika dan pemikiran untuk mempertimbangkan konsekuensi dari sebuah keputusan sebelum memberikan reaksi. Kecerdasan emosional merupakan hal paling dasar dari kesuksesan sebuah pekerjaan. Orang-orang dengan kecerdasan emosional memiliki kemampuan lebih baik dalam mengatasi stres, memecahkan masalah yang kompleks, dan bekerjasama dengan orang lain. Beberapa orang terlahir dengan kecerdasan emosional ini. Namun, kecerdasan ini dapat dipelajari. Kemampuan untuk mengerti diri sendiri dan memahami emosi orang lain dapat memberikan dampak yang positif terhadap hubungan Anda, dan membantu Anda untuk sukses di lingkungan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *