7 Kunci Cara Mempengaruhi Orang Lain Anti Gagal

Cara mempengaruhi orang lain bisa menjadi kunci sukses Anda. Pasalnya ketika Anda sudah mampu membuat orang lain terpengaruh, artinya Anda selangkah lebih maju menjadi pemimpin. Cara mempengaruhi orang lain pun berguna untuk mengajak orang mengikuti apa yang Anda kehendaki, baik positif maupun negatif. 

Masalahnya, tidak semua orang mengetahui kunci cara mempengaruhi orang lain. Kebanyakan orang berusaha membujuk orang untuk mengikuti kemauannya dengan cara manipulatif yang berujung pada ketidakpecayaan orang lain terhadap perkataan Anda. 

Berikut ini adalah beberapa kunci yang perlu Anda lakukan untuk bisa mempengaruhi orang lain. Tentunya tidak ada unsur manipulatif dalam berbagai cara mempengaruhi orang lain di bawah ini. 

  1. Tunjukkan Simpati 

Jangan menganggap lawan bicara Anda sebagai rival, meskipun pandangan Anda dan dia masih berbeda untuk saat ini. Jika ingin memengaruhinya, Anda sebaiknya merangkulnya. Tunjukkan simpati Anda terkait apa yang ia rasakan, alami, dan keluhkan. Simpati dari Anda akan membuat lawan bicara tersebut menganggap Anda sebagai kawan sehingga lebih mudah mempercayai dan terpengaruh dengan apa yang Anda katakan dan lakukan. 

  1. Buat Merasa Berharga 

Anda juga harus membuat lawan bicara yang hendak Anda pengaruhi tersebut merasa berharga dan penting. Cara mempengaruhi orang lain yang satu ini akan sangat efektif. Karena ketika seseorang merasa dihargai, ia akan merespons balik apa yang Anda utarakan. Ia akan menghargai pemikiran Anda dan sangat mungkin mengikuti apa yang Anda inginkan. 

  1. Pendengar dan Pencerita 

Anda mesti menjadi pendengar yang baik jika ingin mempengaruhi orang lain. Pastikan Anda menyimak cerita yang disampaikan lawan bicara Anda. Meskipun demikian, jangan sampai justru Anda yang masuk ke dalam alur cerita orang tersebut. Walaupun mendengarkan dengan baik, Anda tetap harus memimpin perbincangan dengan menjadi pencerita yang baik. Kombinasi sebagai pencerita dan pendengar ini menjadi cara mempengaruhi orang lain yang anti gagal, namun tidak disadari langsung oleh orang yang terpengaruh. 

  1. Gunakan Bahasa Motivasi 

Ketika hendak mempengaruhi orang lain, jangan sampai bahasa yang Anda gunakan terkesan menggurui dan memerintah. Model bahasa yang seperti itu hanya akan membuat orang yang hendak dipengaruhi langsung memasang tameng untuk tidak mengikuti apa yang Anda katakan. Cobalah cara mempengaruhi orang lain dengan menggunakan bahasa-bahasa yang memotivasi. Jadikan diri Anda atau orang lain yang tersohor menjadi contoh yang baik. 

  1. Jadi Diri Sendiri 

Anda ingin mempengaruhi orang lain, tapi masih mengikuti gaya seseorang yang tenar? Bisa dijamin, tujuan Anda mempengaruhi orang lain akan gagal total. Karena daripada harus mengikuti Anda yang meniru orang lain, lebih baik orang yang hedak dipengaruhi tersebut langsung meniru contoh utama yang Anda tiru, bukan? Karena itu, jadilah diri sendiri. Biarkan yang tertampil di hadapan orang adalah diri Anda yang autentik, bukan hasil meniru. 

  1. Hadirkan Kebutuhan 

Pastikan apa yang Anda tawarkan kepada orang lain sesuai kebutuhannya. Karena itu, menjadi sangat penting untuk mengetahui orang-orang yang sesuai dengan tujuan Anda. Penyeleksian orang ini menjadi penting agar Anda bisa menghadirkan kebutuhan dalam pembicaraan sehingga ia akan terpancing mengikuti apa yang Anda katakan. 

  1. Tampil Percaya Diri 

Semua cara mempengaruhi orang lain akan gagal apabila Anda menyampaikannya dengan ragu-ragu. Bayangkan saja, apabila Anda sendiri tidak yakin dengan apa yang Anda ucapkan, bagaimana orang lain bisa memercayai dan mengikutinya? Karena alasan inilah, Anda harus tampil percaya diri ketika berbicara dengan siapapun agar orang-orang tersebut terpengaruh orang karisma Anda dan terpengaruh terhadap apa yang Anda lontarkan. 

*** 

Jika sudah memiliki modal cara mempengaruhi orang lain, Anda akan lebih mudah membujuk orang lain mengikuti apa yang Anda inginkan. Namun tentunya, berikan pengaruh yang baik, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *