6 Manfaat Kesehatan Menakjubkan dari Beras Hitam

Beras kerap dikaitkan sebagai sumber karbohidrat kurang sehat yang dapat menimbulkan berbagai penyakit jika dikonsumsi berlebihan. Banyak orang akhirnya memilih variasi beras merah yang dinilai lebih sehat untuk menjadi makanan utama. Namun sebenarnya, ada pilihan lain yang jauh lebih mencengangkan manfaat kesehatannya, yaitu beras hitam

Beras hitam merupakan jenis beras yang punya antioksidan dan serat tinggi.

Beras hitam kaya antioksidan yang berperan baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, beras hitam juga tinggi protein dan zat besi. Nutrisi yang beragam dalam semangkuk beras hitam tak ayal membuat beras ini dihargai tinggi. 

Penasaran apa saja manfaat kesehatan dari jenis beras yang satu ini? Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan si beras hitam yang ternyata menakjubkan. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Beras hitam mengandung antioksidan tinggi yang berperan baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Antioksidan berjenis flavonoid yang terkandung dalam jenis beras ini dipercaya mampu menurunkan tingkat kematian akibat penyakit jantung. Berdasarkan penelitian awal pada hewan dan manusia, kandungan beras hitam juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar lemak dalam darah pada tubuh Anda. 

  1. Mendukung Kesehatan Mata 

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam jumlah tinggi  dalam beras hitamlah yang membuat sumber karbohidrat ini sangat baik untuk mata Anda. Kedua senyawa tersebut dapat melindungi mata dari radikal bebas yang berpotensi merusak mata. Lutein dan zeaxanthin pun telah terbukti ilmiah membantu melindungi retina dengan menyaring gelombang cahaya biru yang berbahaya. Dengan kemampuan dua senyawa tersebut, risiko terkena degenerasi makula karena faktor usia pun dapat diminimalkan. 

  1. Mengontrol Gula Darah 

Beras kerap dikambinghitamkan sebagai salah satu utama yang membuat kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Namun, hal ini tidak berlaku untuk beras hitam. Jenis beras ini justru memiliki kandungan antosianin yang dapat mengontrol gula darah dalam tubuh Anda. Beras hitam juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin tubuh sehingga penyerapan glukosa yang menjadi penyebab gula darah tinggi lebih termanajemen. Insulin yang sensitif tak ayal akan membantu mengurangi pencernaan gula di usus kecil Anda yang berujung pada turunnyakadar gula dalam darah. 

  1. Menjadi Anti Kanker 

Beras hitam juga dapat menjadi pilihan makanan sehat untuk mengurangi potensi Anda terkena kanker. Kandungan antosianin yang merupakan bagian dari antioksidan bisa menurunkan tingkat risiko kanker kolorektal. Dalam sebuah penelitian juga ditemukan, antosianin yang terdapat pada beras hitam mampu mengurangi jumlah sel kanker payudara pada manusia dan memperlambat pertumbuhan dan kemampuannya untuk menyebar.

  1. Menurunkan Berat Badan 

Beras hitam merupakan sumber protein dan serat yang baik. Kombinasi keduanya dapat efektif membantu Anda menurunkan berat badan. Penyerapan protein dan serat yang lebih lama di dalam tubuh juga membuat Anda dapat menekan nafsu makan ketika rutin mengonsumsi beras merah. Hal inilah yang akhirnya berpengaruh pada penurunan berat badan. Bahkan dalam sebuah studi pada tikus, pengonsumsian beras hitam selama 12 minggu dapat menurunkan berat badan tikus obesitas sebanyak 9,6 persen dari berat badan awal. 

  1. Mengurangi Peradangan 

Selain memiliki senyawa antioksidan yang berperan baik untuk kesehatan tubuh, beras hitam juga memiliki sifat anti inflamasi. Mengonsumsi beras hitam dapat mengurangi rasa nyeri dari peradangan yang Anda alami. Kemampuan mengurangi peradangan ini tak lain merupakan imbas dari kandungan antosianin tinggi yang terdapat dalam jenis beras yang satu ini. 

Anda pasti ingin merasakan berbagai manfaat beras hitam untuk menunjang kesehatan Anda, bukan? Jangan ragu untuk membelinya di supermarket dan segera mengolahnya menjadi berbagai makanan yang menarik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *